Pertama Di DKI, Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Sediakan Jamu Tradisional ke Pasien

0
366

Jakarta, Gramediapost.com

 

Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara kembali berinovasi dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Kali ini, dengan menyediakan jamu tradisional bagi para pasien maupun masyarakat sekitar.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Selvy Devita Anggraeni mengatakan, inovasi jamu tradisional beranjak dari adanya kebutuhan masyarakat. Terutama dalam meningkatkan sistem metabolisme imun guna ketahanan daya tahan tubuh.

“Jamu tradisional ini berkhasiat untuk alto imun untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” kata Selvy, saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (16/7).

Dijelaskannya, jamu tradisional disediakan setiap hari Selasa dan Jumat, Pukul 09.00 WIB. Program inovasi ini sekaligus mengenalkan dan mengembangkan warisan nenek moyang agar dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Adapun jenis jamu tradisional yang disediakan antara lain Gading Pletok, Seger Wereng Gading, Gading Jasera (Jahe, Sereh, dan Gula Merah), Secang Gading, Sella Gading, dan Gading Curta (Curcuma with Tamarindus).

“Jamu ini tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Khusus hari Jumat, kami ada program Jumat Ceria, dimana program itu dikhususkan untuk memperingati hari anak dan diisi dengan program kegiatan anak seperti story’ telling dan lain sebagainya,” jelasnya.

Masih terkait jamu tradisional, dipastikannya jamu yang disediakan merupakan hasil rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM). Sehingga bahan pembuat, takaran (dosis) hingga alat masak seperti kendil tanah liat sudah sesuai standar Indonesia.

“Memasaknya menggunakan kendil tanah liat agar tidak merubah senyawa rempah-rempah. Bahan-bahannya pun hasil dari tanaman obat kami sendiri. Masyarakat dapat menerapkannya di rumahnya masing-masing karena cara pembuatannya kami beri tahu melalui brosur,” tutupnya.

Diketahui, Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading merupakan salah satu Puskesmas terbaik di Indonesia tahun 2019 dengan predikat Paripurna. Hal ini didasari beragam inovasi yang dihadirkan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

(Johan Sopaheluwakan/Sarwini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here