Selamat Hari Gizi Nasional: Sudah Tahukah Kamu Tentang Pedoman Gizi Seimbang?

0
56

Selamat Hari Gizi Nasional: Sudah Tahukah Kamu Tentang Pedoman Gizi Seimbang?

 

Jakarta, Pilarnkri.com

Kebutuhan gizi tentunya harus terpenuhi dengan seimbang dan baik. Dengan asupan gizi yang seimbang, pertumbuhan, perkembangan dan daya tahan tubuh akan menjadi optimal. Hal ini disebabkan karena nutrisi dan gizi adalah bahan utama dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel otak. Namun, gizi seimbang itu seperti apa?

 

Gizi yang seimbang dibutuhkan untuk mengatur pola makan agar dapat terukur dengan baik sesuai usianya. Kamu tentunya harus mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna seperti apa yang sudah dipelajari sejak di sekolah. Tapi kamu tahu nggak, sih, kalau 4 sehat 5 sempurna hanya mengatur makanan apa saja yang harus kita konsumsi? Nah, pedoman gizi seimbang ini dipakai untuk mengatur supaya porsi makanan kamu tidak melebihi batas yang diharuskan sesuai Angka Kebutuhan Gizi (AKG). Pedoman gizi seimbang tidak hanya mengatur tentang makanan, tetapi juga bagaimana supaya kamu dapat hidup sehat. Lalu, seperti apa pedoman gizi seimbang itu? Simak info berikut ini!

 

1. Makan makanan yang beragam

 

Mengonsumsi makanan beragam tentunya dibutuhkan supaya kebutuhan gizi anak terpenuhi dengan baik. Pada pilar ini, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, lemak, protein, serta mineral yang bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan, misalnya ikan, telur, kacang-kacang, sayuran, susu, daging, umbi-umbian, dan air putih. Jangan lupa untuk batasi konsumsi gula, garam, dan minyak, ya! Konsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

 

2. Membiasakan perilaku hidup bersih

 

Selain mengonsumsi makanan yang beragam, kamu juga perlu, nih, menerapkan perilaku hidup bersih. Membiasakan diri dengan perilaku hidup sehat dapat menghindari kamu dari berbagai penyakit infeksi. Pastikan sebelum mengonsumsi makanan, kamu mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih dan sabun.

 

3. Melakukan aktivitas fisik secara teratur

 

Pada pilar ini, kamu perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur, misalnya berolahraga, bermain bola, bulutangkis, dan basket. Lakukan aktivitas fisik secara teratur selama 30 menit setiap kali latihan. Lakukanlah selama 5 kali dalam seminggu. Aktivitas fisik bagus untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat dan segar.

 

4. Memantau dan mempertahankan berat badan normal

 

Terakhir yang tidak kalah penting adalah memantau berat badan. Pemantauan berat badan normal dapat dilakukan dengan menimbang sebulan sekali. Hal ini dapat membantu kamu agar berat badan kamu tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, tentang pedoman gizi seimbang? Mulai sekarang, kamu dapat gunakan pedoman gizi seimbang supaya badan kamu tetap sehat dan terjaga. Di Hari Gizi dan Makanan Nasional tahun ini, yuk, rayakan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi supaya kamu tetap sehat dan maksimal dalam belajar!

 

Untuk mengetahui berbagai pedoman kebutuhan gizi secara lengkap, kamu juga bisa belajar di ruangbelajar pada aplikasi Ruangguru. Pilih mata pelajaran Hidup Sehat, Yuk!, lalu klik daftar bab Gizi Seimbang. Konten belajar ini dapat diakses secara gratis, lho!

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here