Siti Fauziah Ghozali Lurah Tebet Timur : Batik Budaya Nasional yang Harus Terus Kita Lestarikan

0
137

Ket foto: Siti Fauziah Ghozali dan Cany Khalid

Siti Fauziah Ghozali Lurah Tebet Timur : Batik Budaya Nasional yang Harus Terus Kita Lestarikan

Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jumat (20/11/2020) bertempat di Jalan Tebet Timur Dalam 3L No 20 RT003 RW 04 Kelurahan Tebet Timur Kecamatan Tebet Kota Administrasi Jakarta Selatan yang tepatnya merupakan Sudut Batik Cany Khal’s milik Cany Khalid, seorang pengrajin batik yang sudah berkiprah dan berkarya di dunia batik bahkan telah membuatkan uniform di beberapa isntansi khususnya di kota Jakarta seperti uniform PKK Walikota Administrasi Jakarta Utara, RRI dan lain-lain.

Siti Fauziah Ghozali selaku Lurah Tebet Timur dipercaya sejak bulan Januari 2020 untuk memimpin instansi tersebut. Atas inisiatif Tim Penggerak PKK Lurah Tebet Timur ia diundang untuk bersma-sama anjangsana ke Sudut Batik Khal’s milik Cany Khalid. Hal ini yang menyenangkan bagi Lurah yang mencintai budaya Nusantara khusunya batik ini. Tentu dengan sentuhan tangan seorang Lurah perempuan yang cantik akan memberikan dampak positif ke depan memajukan Batik sebagai Budaya Nasional khusus di wilayah Kelurahan Tebet Timur.

Siti Fauziah Ghozali menyambut gembira dan antusias menyaksikan koleksi batik yang ditunjukkan Cany Khalid dan semua yang hadir memperhatikan dengan seksama apa yang menjadi penjelasan Cany Khalid wanita jebolan Universitas Indonesia. Pertemuan dengan Cany Khalid saat itu karena bertemu dengan pemilik UMKM yang karya-karyanya tentu nantinya dapat dipamerkan hasil sebagai hasil karya warga Kelurahan Tebet Timur.

Siti Fauziah Ghozali mengungkapkan, “Memang banyak rencana kegiatan Tim Penggerak PKK Kelurahan Tebet Timur yang akan kami gelar tetapi karena pandemi covid-19 ini menyebabkan semua kegiatan tidak dapat dilaksanakan kalaupun ada melalui aplikasi zoom meeting,” ungkapnya.
“Ada rencana untuk melakukan kegiatan khusunya dalam hal pengetahuan batik kepada ibu-ibu PKK dengan nara sumber Cany Khalid, kiranya beliau dapat menularkan ilmunya bagaimana caranya membuat batik yang untuk sementara di masa PSBB ini melalui zoom meeting,” tegas Siti.

“Di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan sudah ada batik dengan ciri Jakarta Selatan. Di Kecamatan Cilandak ada dua kelurahan yaitu di Kelurahan Pondok Labu di Gandaria Selatan dan Cilandak Barat. Mereka sudah go publik,” papar Lurah Tebet Timur.

“Di Tebet Timur khususnya akan diketuk tular sambil mempromosikan Batik milik Cany Khalid ke ibu Walikota melalui Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jangan kita punya warga di sini tetapi mengembangkannya di wilayah lain. Kalau kita bisa lakukan di wilayah kita sendiri, kenapa tidak kita lakukan?” harap Siti Fauziah dengan penuh harapan.

Yang menjadi rencana ke depan terkait batik, lebih lanjut Siti Fauziah mengungkapkan bahwa Batik budaya nasional Indonesia yang harus dilestarikan. Semakin banyak wilayah yang memiliki pengrajin batik semakin bagus. Karena memang kita ingin batik menjadi seesuatu yang membudaya.
Saat ini Pemprov DKI Jakarta sudah ada aturan setiap hari Kamis para pegawai menggunakan batik. Minimal batik tradisional batik khas Jakarta. Kalau bisa Cany Khalid dapat membuat batik tradisional khususnya batik Jakarta. Jakarta Selatan sudah memiliki batik selatan dengan nuansa hijau nanti bisa dibuatkan desainnya dan diajukan ke Walikota Jakarta Selatan Mengapa tidak? Tentu dengan harga yang terjangkau.

Pesan Lurah Tebet Timur untuk Cany Khalid. “Terus maju untuk tetap memajukan, membudayakan batik kepada warga. Agar masyarakat di Kelurahan Tebet Timur tahu ada pengrajin batik yang luar biasa.

Dalam kesempatan tersebut Cany Khalid selaku pemilik Sudut Batik Cany Khal’s mengungkapkan, “Alhamdulilah ibu Siti Fauziah telah hadir untuk mengunjungi Sudut Batik Cany Khal’s. Insya Allah ke depan kita akan saling mendukung agar di Tebet ada batik. Sehingga dapat menonjolkan Kelurahan Tebet Timur khususnya Kecamatan Tebet Kota Administrasi Jakarta Selatan,” ungkapnya dengan penuh antusias.

Menutup pembicaraan Cany Khalid menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih kepada Ibu Siti Fauziah Ghozali selaku Lurah Tebet Timur yang datang dan meluangkan waktu untuk melihat Sudut batik Cany Khals,” dengan senyumannya yang manis. Dengan penuh harapan kerjasama yang baik dapat terjalin demi memajukan Batik sebagai Budaya Nasional di wilayah Kelurahan Tebet Timur pada khususnya dan Kota Administrasi Jakarta Selatan pada umumnya. Semoga! (Johan Sopaheluwakan/Sarwini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here