TNI ANGKATAN LAUT DUKUNG BANK INDONESIA MENEGAKKAN KEDAULATAN RUPIAH DI WILAYAH TERPENCIL

0
20

TNI ANGKATAN LAUT DUKUNG BANK INDONESIA MENEGAKKAN KEDAULATAN RUPIAH DI WILAYAH TERPENCIL

Jakarta, Pilarnkri.com

 

TNI Angkatan Laut mengerahkan unsur KRI Tjiptadi-381 dalam kegiatan kas keliling Bank Indonesia untuk mendistribusikan uang rupiah layak edar ke pulau-pulau terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) NKRI. Pelepasan KRI Tjiptadi-381 dilaksanakan oleh Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si yang mewakili Asops Kasal di Batam, Kepulauan Riau, Senin (29/03/21)

Pelaksanaan Kas Keliling Bank Indonesia yang didukung unsur KRI Tjiptadi-381 akan mengunjungi lima pulau di wilayah Provinsi Kepulauan Riau yakni Pulau Jemaja, Pulau Tarempa, Pulau Serasan, Pulau Singkep, dan Pulau Moro Tengah yang akan memakan waktu selama sepekan.

Dalam sambutannya, Danguskamla menyampaikan sinergitas TNI Angkatan Laut dan Bank Indonesia dalam kegiatan Kas Keliling telah terjalin lama sejak tahun 2011 dimana kegiatan Kas Keliling ini dapat menyentuh sejumlah wilayah teritorial terpencil, terdepan dan terluar yang memiliki nilai strategis terkait kedaulatan rupiah di kawasan itu sehingga dapat membangkitkan nasionalisme masyarakat yang berada di wilayah perbatasan.

“Pengerahan unsur KRI Tjiptadi-381 ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kejajaran operasional di lapangan agar mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam merebut hati rakyat di perbatasan, dalam bentuk apa pun, salah satunya TNI AL bekerja sama dengan Bank Indonesia, memastikan kehadiran rupiah sampai ke 3T, merebut hati rakyat sehingga lebih mencintai NKRI,” kata Danguskamla

Pada pelepasan KRI Tjiptadi-381 yang turut dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Pemprov Kepri, Paban II Ops Sopsal, Danlanal Batam, KSOP Batam, Kepala Kantor BC Batam, Direktur Pengelolaan Uang Bank Indonesia Yudi Harymukti mengatakan “Kami bersama TNI AL baru melaksanakan kembali kegiatan Kas Keliling di kepulauan 3T setelah terhenti selamat setahun karena pandemi COVID-19”

Lebih lanjut dikatakannya “Bank Indonesia diberi tugas dan kewenangan untuk menyediakan uang rupiah dalam nominal cukup dan pecahan sesuai dalam kondisi layak edar di seluruh NKRI. Petugas BI bersama jajaran TNI AL dari KRI Tjiptadi-381 akan berkeliling ke lima pulau di Provinsi Kepulauan Riau selama sepekan mulai Senin (29/03/31). BI telah menyiapkan dana 5 miliar rupiah dalam kas keliling di Kepri”

Kegiatan yang dilakukan oleh Kri Tjiptadi-381 akan dilaksanakan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, dimana pada kas keliling kali ini, BI melakukannya dengan cara “wholesale” yakni bekerja sama dengan perbankan demi menghindari adanya kerumunan masyarakat yang ingin menukarkan rupiahnya. Apabila dulu langsung ke masyarakat yang dikunjungi, pada pelaksanaan Kas Keliling kali ini BI bekerja sama dengan perbankan di daerah yang dituju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here