Penyelenggaraan MXGP Dapat Meningkatkan Roda Perekonomian Di Pulau Sumbawa

0
111

Pilarnkri.com

 

Jakarta, Sabtu, – Press Conference MXGP 2023 diadakan bertempat di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat di Ruang Lobby utama pada Sabtu, tanggal 13cMei 2023.

Acara Ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani ditemui awak media saat presskon mengatakan,
“Alhamdulillah Ini berkat kerja sama dengan Menteri PUPR khususnya bertiga di provinsi kami sudah coba berdiskusi untuk memperbaiki hal-hal yang kurang di MXGP tahun kemarin, yang Insya Allah nanti akan dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juni 2023,” kata Wakil Bupati Sumbawa.

Lebih lanjut Dewi Noviani mengatakan,
“Alhamdulillah berkat dengan adanya MXGP dari yang awalnya total UMKM berjumlah 448 UMKM dan sekarang sudah mencapai 1400 UMKM di Sumbawa. Alhamdulillah sekarang semuanya menggeliat pemulihan ekonomi setelah pandemi covid dengan diberikan binaan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” sambungnya.

Terkait ekonomi di sektor UMKM yang mulai pulih di Pulau Sumbawa, Wakil Bupati ini mengemukakan,
“Alhamdulillah kapasitas sekarang bertambah meningkat hingga 300% dari 148 UMKM sekarang menjadi total 1400 UMKM dan Alhamdulillah ini berkat diadakannya acara mx GP tanggal 24-26 juni 2022,” bebernya.

Untuk harapan kedepan dengan adanya kontrak 5 tahun dengan MXGP yang ada di Sumbawa, Dewi NovianiĀ  mengatakan,
“Alhamdulillah semua sirkuitnya sudah milik Pemda Sumbawa dan harapan kedepannya dari tahun kemarin sejumlah 1400 KM bisa meningkat menjadi 3000-4000 UMKM dengan adanya MXGP ini, yang pertama restorasi sektor pariwisata, kedua Hotel restaurant, serta ketiga semua sektor UMKM yang ada di malam hari hidup kembali dengan adanya tamu-tamu yang datang semakin banyak maka otomatis kehidupan ekonomi keuangan berputar di Sumbawa tepatnya di Sumbawa Besar,” ungkapnya.

Dewi Noviani juga menjelaskan situasi dan kondisi serta harga tiket MXGP di Sumbawa,
“Untuk keadaan dan situasi saat ini di Sumbawa, alhamdulillah situasi kondusif dan relatif aman berkat kerjasama semua pihak serta harga tiket MXGP di Sumbawa tidak ada mahal yang berkisar Rp50.000,-,” jelasnya.

Tak luput, Wakil Bupati Sumbawa ini juga mengatakan harapan kedepannya,
“Mudah – mudahan kita saling membantu saling menguatkan agar pembangunan ekonomi ini berlangsung dengan baik, dan terkait target penonton penonton Alhamdulillah pada tahun 2022 hingga mencapai 55 ribu penonton mx GP dan mudah-mudahan target pengunjung nantinya dapat mencapai 70 sampai 75 ribu untuk reservasi sekitar 67% nya di wilayah kami Sumbawa, kabupaten Sumbawa, wilayah Sumbawa Barat, Kota Bima, Kabupaten Bima dan sekitar 23% dari luar wilayah Pulau Sumbawa dimana untuk tahun kemarin yang sudah terlaksanakan tetapi untuk tahun ini kita perbaiki semua kekurangannya,” harap Wakil Bupati Sumbawa ini.

Puncaknya, Novi menjelaskan prosedur penyelenggaraan mx GP di Sumbawa,
“Untuk penyelenggaraan di Sumbawa itu sudah ada teamnya baik lokal, investor, semua itu sudah ada teamnya kerjasama koordinator yang ada di Sumbawa dan untuk prokes pada penyelenggaraan mx GP ini tentunya para pemain sudah harus vaksin dan untuk masker tetap dipakai dikarenakan ini kan sirkuitnya berdebu saat acara lomba berlangsung serta Kami sangat berterima kasih dan harapan dengan adanya mx GP, infrastruktur kami di Sumbawa diperbaiki Kolaborasi oleh Menteri PUPR, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perhubungan dan Menteri – menteri lainnya sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,” tutup Dewi Noviani selaku Wakil Bupati Sumbawa.

Turut hadir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan,
“Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi salah satu provinsi di Indonesia yang tetap menyelenggerakan event sport tourism semenjak pademi usai.

Lantaran di setiap tahun menyelenggarakan event sport tourism, menurut Ario Bimo tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa NTB menjadi pusat penyelenggara sport tourism di indonesia,” kata Ario Bimo.

Lebih lanjut Menpora ini mengatakan,
“Ini pembuktian kedua kalinya MXGP, MotoGP pun sukses. NTB ini tidak berlebihan menyebut NTB menjadi pusat pengelenggaraan motor sport,” katanya saat Press Conference di Gedung Sarinah Jakarta, Sabtu (13/05).

Menurutnya dengan banyaknya event sport tourism yang diadakan di NTB dapat secara masif mendorong pariwisata dan perekonomian lokal,
“Ini event yang bermanfaat untuk pariwisata dan ekonomi lokal,” katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengharapankan dengan adanya MXGP yang bakal diselenggarakan di Lombok dan Sumbawa mampu meningkatkan perekonomian lokal,
“Mudahan ekonomi NTB, Lombok Sumbawa semakin tinggi,” katanya.

Tidak hanya soal itu, menurutnya para pembalap MXGP juga punya waktu luang selama seminggu usai gelaran MXGP di Sumbawa.

Momen tersebut bisa dimanfaatkan pembalap dan para kru untuk menjajal keindahan NTB, sebelum kembali berkompetisi di sirkuit MXGP di Lombok,
“Para pembalap ada waktu 1 minggu untuk mengeksplor NTB,” katanya di Jakarta. “pungkas Gubernur NTB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here